Ramadan dan Idul Fitri 2023, BI Sultra Siapkan Rp1,9 Triliun Uang Kartal

oleh
Ilustrasi uang rupiah. (Foto: dok. Istimewa)

KENDARI – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan uang kartal sebesar Rp1,9 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan dan Lebaran/Idul Fitri 1444 H Hijriah atau 2023 Masehi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan BI Sultra, Doni Septadijaya saat meluncurkan Program Semarak Rupiah Berkah Ramadhan dan Idul Fitri (Serambi) pada Senin (27/3/2023 di kantor BI Sultra.

Program Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas kepada masyarakat periode Ramadhan dan Lebaran 1444 Hijriyah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil (UPK).

Doni mejelaskan untuk melayani penukaran, pihaknya menyiapkan uang kartal dengan pecahan mulai dari Rp2 ribu hingga Rp20 ribuan.

“Kami menyediakan sekitar Rp1,9 triliun dari pecahan kecil sampai dengan maksimal Rp20 ribu yang bisa ditukarkan masyarakat umum dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Doni.

Dijelaskannya, dalam penukaran itu juga pihaknya melibatkan seluruh perbankan yang ada kabupaten dan kota di Bumi Anoa.

Kata Doni, uang kartal senilai Rp1,9 triliun yang disiapkan pihaknya akan mencukupi kebutuhan uang tunai masyarakat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 99 mobil kas keliling yang akan melayani penukaran uang pecahan kecil.

Untuk di area Kota Kendari, ada sebanyak 15 unit mobil kas keliling telah disiapkan. Sedangkan sisanya akan tersebar 16 kabupaten/kota se-Sultra.

“Itu mobil akan melayani penukaran uang keliling terutama yang Bank Indonesia dan untuk perbankan nanti akan melayani di masing-masing kantor banknya terutama daerah yang mempunyai cabang bank. Di Kendari mobil kas keliling yang disiapkan ada 15 unit, belum lagi dari daerah-daerah yang lain,” bebernya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kas keliling ataupun untuk mengetahui jadwal layanan penukaran uang, BI Sultra menyediakan aplikasi ‘Si Pintar’ atau aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *