Tranksaksi Jual Beli Selama Pameran HUT Sultra Capai Rp1 Miliar

oleh
Gubernur Sultra Ali Mazi, SH (kiri depan) didampingi Pj Sekda Provinsi Sultra Drs.Asrun Lio, M.Hum, PhD (kanan) saat membuka pameran Pembangunan Pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangkaian HUT Ke-58 Provinsi Sultra 2022 di pusatkan di Kota Baubau berlangsung 22-28 Mei 2022. (Foto ANTARA/HO)

KENDARI – Transaksi jual beli selama pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Kota Baubau ditaksir mencapai Rp1 miliar.

“Tercatat dari panitia, nilai transaksi yang terjadi selama pameran berlangsung mulai 22 sampai 28 Mei 2022 mencapai Rp1 miliar lebih,” kata Pj Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio di Kendari, Minggu dikutip dari laman Antara.

Ia mengatakan, kegiatan pameran pembangunan yang diikuti 80-an stan yang terdiri dari OPD Tingkat Provinsi dan 17 Kabupaten kota se-Sultra dan sejumlah organisasi nonpemerintah, instansi vertikal dan kalangan pengusaha yang didominasi dari dunia usaha-usaha produk UMKM ditambah dengan Dekranasda.

Kata Asrun Lio, pencapaian nilai transakasi uang masyarakat beredar di pameran itu patut menjadi apresiasi karena jumlah pengunjung yang masuk dalam pameran setiap malam itu ada sekitar 15.000 orang dari berbagai daerah di Sultra.

“Antusias masyarakat berkunjung dan berbelanja produk UMKM dari 17 Kabupaten Kota se Sultra cukup tinggi. Hampir seluruh stan melaporkan produk UMKM-nya ludes dibeli warga,” ujar Asrun yang juga Kadis Dikbud Sultra itu.

Untuk diketahui, produk hasil kerajinan daerah yang banyak diminati pengunjung terutama dari hasil kerajinan nentu di Kabupaten Muna, produk kopi dari sarang walet, gula aren dan terasi bubuk dari kabupaten Bombana, dan berbagai produk makanan dan kue dan juce dari beberapa kabupaten lain di Sultra.

Sementara dari masing-masing OPD, juga menyediakan berbagai layanan administrasi,kesehatan dan pembangunan, dan sebagian besar stand menyediakan produk UMKM binaan daerah masing-masing sesuai dengan potensi wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *