BI Sultra Dorong Perluasan Penggunaan QRIS di Masjid

oleh
Wakil Gubernur Sultra sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra Lukman Abunawas saat memegang pemindai QRIS di Masjid Al-Alam Kendari, Kamis (7/4/2022) (ANTARA/Harianto)

KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara mendorong perluasan penggunaan metode transaksi digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di masjid-masjid maupun sarana tempat ibadah lainnya.

Deputi Kepala Perwakilan KPw BI Sultra Aryo Wibowo T Prasetyo di Kendari, Kamis (7/4/2022), mengatakan, perluasan penggunaan QRIS tersebut dapat sebagai alternatif pembayaran yang cepat, mudah, dan aman.

“Kalau kita pakai QRIS enggak perlu bawa dompet. Kalau handphone kan selalu dibawa orang-orang. Harapannya penggunaan QRIS meningkat,” kata Aryo saat bincang bareng media seperti dilansir dari ANTARA.

Dia menyebut, secara umum volume maupun nominal transaksi dengan metode QRIS di daerah tersebut semakin menunjukkan tren peningkatan yang signifikan. “Meningkat dari 1.075 transaksi nilai nominal hampir Rp100 juta. 1.075 transaksi dari 30 masjid, ada 20 di Kendari dua di Kota Baubau dan beberapa di Kolaka,” ujar dia.

Sementara itu, untuk target penggunaan QRIS di masjid, KPw BI Sutra mengaku masih akan berkoordinasi kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra.

“Target penggunaan di masjid pafa 2022 nanti akan kami bicara dengan Dewan Masjid, apakah kita akan meningkatkan lebih banyak. Kita akan koordinasi dulu terkait bank yang akan dimasukkan ke dalam rekening itu,” ujar dia.

Di tempat yang sama, Ketua DMI Sultra Lukman Abunawas mengaku menyambut baik dan mendorong semua masjid yang ada di wilayah ini untuk menggunakan QRIS dalam mengumpulkan sumbangan atau donasi.

“Kami sudah buat surat untuk diteruskan ke semua masjid supaya menggunakan metode QRIS karena lebih cepat, tepat, dan aman sehingga memperlancar keinginan kita bagaimana untuk memanfaatkan kebutuhan termasuk yang mau membayar zakat, infak dan seterusnya,” kata Lukman yang juga Wakil Gubernur Sultra ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *