Kartu Prakerja 2024 Resmi Dibuka, Simak Besaran Insentifnya

oleh
Ilustrasi Kartu Prakerja. (Foto: dok. Istimewa)

JAKARTA – Program Kartu Prakerja gelombang 63 tahun 2024 resmi dibuka pada Rabu (3/1/2024). Pengumuman pembukaan sendiri diunggah langsung di akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Nantinya, peserta program Kartu Prakerja yang lolos seleksi bakal memperoleh pelatihan berdasarkan minat dan insentif berupa uang.

“Pendaftaran udah dibuka lagi nih Sob! Langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang” untuk buat akun kamu sekarang juga,” tulis akun @prakerja.go.id.

Lantas berapa besaran insentif kartu Prakerja 2024 ini?

Dilansir dari laman prakerja.go.id, untuk mendapatkan insentif kartu Prakerja 2024 ini, para pemegang kartu harus sudah menyelesaikan pelatihan pertamanya, dan mengisi rating dan ulasan pelatihan pertama.

Selain itu, pemegang kartu Prakerja 2024 juga telah menghubungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Prakerja miliknya.

Insentif kartu Prakerja 2024 yang akan didapatkan terdiri dari dua jenis, dengan jumlah nomonal insentif yang berbeda pula.

Pertama, insentif mencari kerja bagi pemegang kartu Prakerja 2024 senilai Rp600 ribu.

Syarat untuk mendapatkan insentif ini yakni para pemegang kartu Prakerja 2024 telah menyelesaikan pelatihan pertamanya yang ditandai dengan sertifikat pelatihan.

Kemudian peserta pelatihan juga diwajibkan untuk memberikan ulasan dan rating terhadap program pelatihan yang diikuti.

Insentif Prakerja akan di salurkan melalui rekening bank atau e-wallet yang telah dihubungkan dengan akun Prakerja penerima.

Jika penerima kartu Prakerja 2024 mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif mencari kerja yang diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama.

Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Kedua, insentif pengisian survey yang akan diterima oleh pemegang kartu Prakerja 2024 senilai Rp 50 ribu.

Insentif ini akan diterima pemegang kartu Prakerja 2024 setelah mengisi survei evaluasi yang berada di dashboard akun Prakerja.

Nah, berapa lama insentif Prakerja 2024 ini cair ke rekening bank atau e-wallet pemegang kartu Prakerja?

Pencairan insentif Prakerja 2024 ke rekening bank atau e-wallet penerima sekitar 3 hari kerja hingga 5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard.

Jika insentif Prakerja 2024 belum cair, maka pemegang kartu Prakerja dapat menghubungi tim kartu Prakerja melalui formulir pengaduan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *