Distan Bombana Pastikan Daging Kurban Layak Dikonsumsi

oleh
Ilustrasi hewan kurban/Ist

BOMBANA – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan daging kurban untuk kebutuhan Idul Adha 2023 layak dikonsumsi.

Kepala Distan Bombana, Muhammad Siarah mengatakan, semua hewan kurban yang ada di Bombana dipastikan sehat dan bebas dari penyakit menular.

“Tentunya hewan yang nantinya dikurban harus bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) maupun penyakit kulit berbenjol (lumpy skin disease/LSD),” kata Muhammad Siarah kepada HaloSultra.com, Kamis (22/6/2023)..

“Untuk memastikan hewan kurban layak di konsumsi masyarakat, petugas kami dari Bidang Peternakan sudah melakukan pemeriksaan terhadap hewan hewan yang akan di kurbankan nantinya,” katanya lagi.

Siarah juga menyebutkan saat ini produksi ternak khususnya sapi di Kabupaten Bombana dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Hewan ternak sapi yang tersedia di peternakan masyarakat di Kabupaten Bombana, dapat memenuhi kebutuhan yang ada, tidak hanya itu bahkan ada sebagian hewan kita yang dijual keluar Bombana,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, La Ode  Muhammad Rusdin Jaya menyebutkan, jelang Idul Adha stok sapi dan kambing di Sultra melimpah.

Dia merinci untuk stok daging sapi potong tahun ini  tersedia 7.671 ekor atau setara dengan 1.173.663 kilogram atau 1.173 ton.

Kemudian untuk kambing sekira 2.481 ekor dan daging ayam untuk idul adha ada 1.097 ton dan telur ayam 627 ton.

“Ketersediaan hewan ternak sapi dan kambing di Sultra mengalami surplus atau peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan kondisi ini, kita pastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan hewan kurban,” kata Rusdin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *