Distan Kendari Siapkan Tim Dokter untuk Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi

oleh
Pemeriksaan hewan kurban oleh Dinas Pertanian jelang perayaan hari raya kurban Idul Adha 1444 H / Ist

KENDARI – Jelang hari raya Idul Adha 1444 H, Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari siapkan dokter hewan untuk memastikan kesehatan hewan yang akan disembelih oleh masyarakat.

Kepala Distan Kota Kendari, Sahuriyanto Meronda mengatakan, selain memastikan daging kurban layak untuk dikonsumsi dengan membentuk satuan tugas (satgas) antisipasi penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan beberapa instansi terkait untuk menyiapkan dokter hewan guna bersama-sama melakukan pemeriksaan hewan kurban yang ada di masyarakat.

“Kita juga menyiapkan dokter hewan, bekerjasama dengan dokter di karantina dan ada juga fakultas peternakan dan dari dinas pertanian sendiri. Ini tiap tahun kita bekerjasama” ujar Sahuriyanto di Kendari, Jumat (16/6/2023).

Ia juga menuturkan, selain pemeriksaan hewan kurban tim dokter hewan Distan juga menyiapakan rumah potong hewan (RPH).

“Jika ada masyarakat berkeinginan untuk memotong hewan kurbannya di RPH, kami juga menyiapkan tim Dokter hewan,” tuturnya.

Ditempat berbeda, Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulawesi Tenggara (Sultra) drh.Putu Nara menjelaskan bahwa pihaknya selalu bekerja sama dengan dinas pertanian setiap tahunnya, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten dan kota di Sultra untuk terlibat dalam pemeriksaan hewan kurban tidak hanya sebelum dilakukan penyembelihan, namun juga pasca penyembelihan.

“Kalau kami dari perhimpunan selalu menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini dinas pertanian di provinsi maupun kabupate dan kota,” kata drh. Putu.

“Jadi anggota kami instruksikan untuk terlibat dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *