Harga Bahan Pokok Naik Jelang Idul Adha, Begini Penjelasan Disperindagkop Kendari

oleh
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae.

KENDARI – Kenaikan harga komoditas sejumlah bahan pokok di pasar-pasar di Kota Kendari jelang hari raya Idul Adha 1444 H membuat warga mengeluh.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan, naiknya harga sejumlah bahan pokok jelang Idul Adha tidak mempengaruhi kebutuhan di tingkat masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan ketersedian bahan pokok di pasar yang diperdagangkan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tapi itu tidak mempengaruhi kebutuhan yang ada di tingkat masyarakat, karena ketersediaan bahan pokok dipastikan cukup,” ujar Alda, Rabu (14/6/2023).

Ia juga menuturkan, harga bahan pokok yang ada di setiap pasar di Kota Kendari beberapa diantaranya mengalami kenaikan begitu pesat seperti harga bawang putih, cabe keriting, dan cabe rawit yang mencapai Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram.

“Untuk saat ini yang masih terpantau yaitu harga bawang putih, cabe keriting, dan cabe rawit mengalami kenaikan harga Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram,” sebutnya.

Dikatakannya, kenaikan harga seperti ini biasa terjadi di pasar-pasar terlebih jelang peringatan hari raya seperti idul adha.

Namun pihaknya memastikan tidak ada distributor atau pengumpul yang sengaja untuk menahan barang dan seketika dua atau tiga hari sebelum lebaran memunculkan.

“Yang pastinya bahwa kenaikan harga yang ada di pasaran semua terpantau dari dinas perdagangan,” tuturnya.

Selain itu, setiap menyambut hari besar Disperindagkop Kota Kendari selalu mengadakan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar. Baik internal dari dinas perdagangan maupun kerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari.

“Sidaknya itu internal dari dinas perdagangan yang melakukan sidak atau kita menggandeng tim TPID atau terpaksa kami yang turun langsung nenantau harga keseimbangan yang terjadi di pasar,” katanya.

Pihaknya menegaskan, hasil koordinasi dengan pihak pangan pertanian, semua kebutuhan bahan pokok baik itu sandang dan pangan bisa diprediksi hingga selesai lebaran dipastikan masih tetap tersedia untuk masyarakat di Kota Kendari.

“Sampai idul adha ketersedian bahan pokok dipastikan masih tetap tersedia,” demikian Alda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *