TP PKK Kota Kendari Nilai 10 Program PKK Kelurahan Kadia

oleh
Tim penilai 10 Program Pokok PKK menyambangi pengurus PKK Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Sabtu (10/6/2023)/Ist.

KENDARI – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Kendari turunkan tim penilai di kelurahan Kadia untuk menilai 10 program PKK tingkat Kota Kendari pada Sabtu (10/6/2023).

Ketua I Bidang Karakter Keluarga, Irma S Ridwansyah Taridala mengatakan tujuan khusus lomba 10 program pokok PKK adalah meningkatkan kinerja dan menumbuhkan jiwa semangat pengabdian serta kompetensi para kader, mengetahui perkembangan dan keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Tahun ini pelaksanaan lomba 10 program pokok PKK di Kota Kendari agak berbeda, karena difokuskan pada 11 kelurahan percontohan yang telah ditunjuk oleh masing-masing pemerintah kecamatan, dimana kelurahan percontohan ini telah menerima bantuan dana stimulan pembinaan dari PKK Kota Kendari,” kata Irma.

Irma menambahkan, penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan, namun lebih kepada upaya untuk meningkatkan kinerja PKK selaku mitra Pemerintah Kota Kendari.

“Ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tujuan untuk membangun hubungan silaturahmi antar pengurus TP-PKK pada semua jenjang, selain itu penilaian lomba ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap kinerja kader-kader PKK yang telah berupaya maksimal dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK,” jelasnya.

Selain itu tahun ini juga melibatkan 10 OPD untuk menjadi tim penilai guna sinkronisasi program unggulan PKK dengan program-program yang ada di OPD terkait.

Oleh sebab itu ia berharap kerja-kerja pengurus PKK beserta seluruh kadernya tidak hanya berhenti sampai dengan pelaksanaan lomba saja, namun terus berkesinambungan sehingga kerja PKK tidak hanya bersifat temporeri namun berkelanjutan dalam membantu program-program Pemkot Kendari.

“Diharapkan penilaian lomba ini lebih komprehensif bukan hanya dari sisi PKK saja namun dari semua stakeholder,” tutupnya.

Camat Kadia, Rudi Hartono mengatakan menghadapi penilaian ini pihaknya telah melakukan evaluasi dan pembinaan.

“Saya menaruh harapan kepada tim jika terpenuhi secara kriteria dan indikator seandainya dipercayakan Kelurahan Madia untuk mewakili tingkat provinsi, Kelurahan Kadia siap,” ungkapnya.

Untuk diketahui berdasarkan hasil Rakernas XI PKK tahun 2021, program unggulan yang menjadi fokus penilaian lomba 10 program PKK tahun 2023, dititik beratkan pada beberapa hal.

Pertama pada Sekretariat adalah pelaksana terbaik tertib administrasi PKK dan dasa wisma terdiri dari administrasi sekretariat PKK, administrasi pokja-pokja serta administrasi dasa wisma.

Pada Pokja I yakni pelaksana terbaik pola asuh anak dan remaja di era digital (paaredi) melalui krisan/krisna (keluarga indonesia sehat tanpa narkoba).

Pada pokja II fokus penilaiannya pada pelaksana terbaik gerakan keluarga indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi (gelari pelangi) melalui program gemar membaca.

Pada Pokja III pelaksana tebaik kampung gerakan amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman (aku hatinya pkk).

Pada Pokja IV yakni pelaksana terbaik keluarga sehat dan tanggap bencana, yaitu keluarga yang tanggap dan tangguh bencana mewujudkan keluarga sehat terhadap pasangan usia subur (PUS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *