Pameran Pembangunan HUT ke-59 Sultra, Wadah Promosi Produk UMKM hingga Potensi Unggulan Daerah

oleh
Kegiatan Pameran Pembangunan dalam rangka HUT ke-59 Sultra dibuka secara resmi oleh Gubernur Ali Mazi, di Aula Rumah Jabatan Bupati Koltim, Rabu (10/5/2023)/dok. Ist.

KENDARI – Salah satu strategi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam mempromosikan produk UMKM dan potensi unggulan daerah kepada masyarakat luas adalah dengan pameran.

Tidak hanya itu, pameran ini juga menjadi sarana untuk memperlihatkan hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Pemprov Sultra selama ini.

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara yang bertajuk Aman Sukses Membangun Sultra, Pemerintah Provinsi (Pemprov) menghadirkan Pameran Pembangunan.

Pameran Pembangunan ini berlangsung mulai tanggal 10-14 Mei 2023 yang dipusatkan di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Pameran diikuti berbagi instansi seperi OPD Pemprov Sultra, 17 kabupaten/kota, instansi vertikal tingkat provinsi dan UMKM. Pameran Pembangunan ini juga menjadi pembuktian karya duet Gubernur Ali Mazi bersama Wakil Gubernur Lukman Abunawas (Aman).

Berbagai produk unggulan daerah, seperti kerajinan tangan, makanan dan minuman khas Sultra, serta produk-produk agrobisnis dan perikanan turut dipamerkan oleh instansi terkait. Selain itu, juga terdapat stand-stand informasi mengenai potensi investasi di Sultra, seperti sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, hingga pariwisata.

Selain, untuk menyemarakkan kegiatan, Pemprov Sultra juga menghadirkan artis-artis ibu kota untuk menghibur masyarakat yang berkunjung di pameran tersebut.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Ali Mazi yang dirangkaikan dengan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) tahun 2023, di Aula Rumah Jabatan Bupati Koltim, Rabu (10/5/2023).

Gubernur Ali Mazi menjelaskan Pameran Pembangunan sudah menjadi tradisi tahunan setiap momentum peringatan HUT Sultra untuk menunjukkan capaian hasil kerja selama setahun terakhir.

Selain itu juga dalam rangka mempromosikan produk-produk UMKM dan berbagai potensi unggulan daerah, sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya produk UMKM dan potensi unggulan yang dihadirkan, Pameran Pembangunan juga menjadi tempat untuk memperkenalkan kemajuan pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik di Sultra.

Melalui pameran ini, masyarakat dapat melihat secara langsung pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemprov Sultra untuk meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat.

Suasana pelaksanaan Pameran Pembangunan dalam rangka HUT ke-59 Sultra di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur/dok. Ist.

“Momentum pada malam ini menjadi hal yang istimewa bagi saya dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, karena merupakan kegiatan pameran pembangunan terakhir di masa pemerintahan Aman. Kami berharap semoga apa yang kami tunjukkan pada Pameran Pembangunan ini dapat pula merefleksikan pencapaian kita dalam kurun waktu lima tahun terakhir,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Dalam hal ini, Pameran Pembangunan merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk UMKM dan potensi daerah secara luas kepada masyarakat dan investor. Pemprov Sultra berharap, melalui ajang ini dapat semakin memperkuat posisi Sultra sebagai daerah yang kaya akan potensi dan peluang investasi.

Selain itu, Sultra ditetapkan sebagai salah satu provinsi pelaksanaan kampanye Gernas BBI/BBWI.

“Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki potensi besar lahirnya produk-produk unggulan dalam negeri dan potensi pariwisata di Sultra begitu besar dan beragam dengan daya tariknya masing-masing yang dapat menjadi kebanggaan dan sekaligus menopang pertumbuhan perekonomian di daerah dan bangsa. Maka saya berkeyakinan kuat bahwa Sultra adalah masa depan Indonesia,” jelas Gubernur.

Tak lupa, Gubernur menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas dukungan dan peran aktifnya sehingga pembukaan Pameran Pembangunan Sultra dapat dilaksanakan pada kesempatan ini.

Gubernur juga menyampaikan permohonan maaf, jika disepanjang perjalanan pembangunan daerah selama masa kepemimpinannya ada hal-hal yang belum tercapai, sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Semoga kita dapat tetap bersama-sama meskipun pada ruang pengabdian yang berbeda untuk mewujudkan Sulawesi Tenggara yang lebih baik lagi di masa mendatang,” tandas Ali Mazi.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Koltim, Abdul Azis mengatakan, Pameran Pembangunan ini sangat berarti masyarakat Koltim. Dia meyakini selama pameran digelar, perputaran roda ekonomi masyarakat Koltim bergerak dinamis.

“Pameran pembangunan memberikan manfaat untuk kemajuan ekonomi masyarakat. Pemkab Koltim sangat bangga kepada Gubernur Sultra yang memercayakan Koltim sebagai tuan rumah HUT Sultra ke-59 tahun. Mudah-mudahan pameran pembangunan menjadi berkah dan meningkatkan kemajuan Sultra khususnya Koltim,” kata Abdul Azis.

DPMPTSP Sultra Turut Meriahkan Pameran Pembangunan

Salah satu lembaga yang tentunya bertanggung jawab melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang penanaman modal yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra tentunya menjadikan momentum Pameran Pembangunan menjadi kesempatan emas untuk menjalankan programnya.

DPMPTSP Sultra turut meramaikan pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka HUT Sultra ke-59 di Koltim/Ist.

Sekretaris DPMPTSP Sultra, Joni Fajar menjelaskan momen Pameran Pembangunan ini bagi DPMPTSP Sultra menjadi sarana untuk mensosialisasikan sejumlah program yang menjadi prioritas dinasnya.

“Di stand pameran DPMPTSP Sultra kita memberikan pelayanan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, potensi peluang investasi, dan konsultasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal,” kata Joni Fajar dalam keterangannya, Sabtu (13/5/2023).

Dijelaskan Joni, penyelenggaraan OSS-RBA bagi para pelaku usaha ini bertujuan untuk mendorong peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha di Sultra.

“Sehingga kita dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan usaha yang ada di Sultra secara transparan,” jelasnya.

Sekaligus dengan layanan konsultasi, pihaknya juga di booth DPMPTSP Sultra menyediakan layanan penerbitan izin usaha.

Joni menambahkan pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi para pelaku usaha utamanya UMKM untuk memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan penjualan produk mereka. Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai produk-produk lokal dan potensi investasi di Sultra.

Senada dengan keinginan Gubernur Sultra, melalui kegiatan ini, DPMPTSP Sultra berharap dapat memperkenalkan potensi unggulan daerah dan meningkatkan investasi di Sultra.

Kegiatan ini pun dinilai dapat mendukung pengembangan UMKM dan mempromosikan produk-produk unggulan daerah kepada masyarakat.

“Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Sultra,” pungkasnya. ***/Adv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *