Ayam Gholo hingga Air Terjun Talisewu Masuk Nominasi API Award 2023

oleh
Anugerah Pesona Indonesia 2023 atau API Award 2023/Ist.

KENDARI – Kabar gembira datang dari dunia pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra), dimana sejumlah destinasi di Bumi Anoa masuk dalam daftar nominasi 10 terbaik penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2023 atau API Award 2023.

Hal ini berdasarkan proses seleksi dan kurasi dilakukan terhadap semua usulan nominasi yang telah masuk.

Dilansir dari laman resminya, API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak Industri/swasta maupaun pemerintahan daerah dari provinsi, kabupaten, dan kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Adapun daftar destinasi di Sultra yang masuk nominasi API Award 2023 adalah pada kategori Makanan Tradisional yang diwakili oleh Kabupaten Muna dengan keyword API 1A yakni Ayam Gholo, serta pada kategori Cendera Mata, Tenun Masalili masuk nominasi dengan keyword API 6I.

Lalu ada kategori Minuman Tradisional yang diisi oleh Jus Salak asal Provinsi Sultra denga keyword API 2D.

Pada kategori Promosi Digital, Sultra diwakili Kabupaten Buton dengan Explore Buton Apps, keyword API 3C. Tak berhenti disitu, dalam kategori Brand Pariwisata, Chic of Buton juga masuk nominasi dengan keyword API 4B.

Kabupaten Kolaka pun mewakili dua kategori yakni Destinasi Belanja yakni Wisata Kuliner Laloeha (keyword API 5J), dan dalam kategori Dataran Tinggi, dimana Puncak Indah Kapu menjadi nominatornya dengan keyword API 10H.

Terakhir ada Kabupaten Kolaka Timur yang berhasil mengisi slot pada kategori Surga Tersembunyi dengan Air Terjun Talisewu yang menjadi nominator (keyword API 18D).

Sesuai surat dengan nomor: AJJ/AD/021/IV/2023 yang ditanda tangani Chairman of Anugerah Pesona Indonesia, Hiro Kristianto Sianturi, proses voting nominasi akan dilakukan mulai 1 Juni 2023 hingga 30 September 2023, dengan metode pemungutan suara (voting) dan perhitungan suara sebagai berikut:

SMS Premium

  1. Pilih dan ketik keyword sesuai nominasi (daftar terlampir) dan kirim ke 99386 (berlaku tarif premium untuk semua operator).
  2. Setiap dukungan pilihan yang masuk melalui SMS Premium akan dihitung 2 suara.

Video promosi nominasi di Youtube Channel API Award

  1. Kunjungi dan Subscribe akun APIaward di Youtube.com.
  2. Masuk ke tab playlist/video dan pilih video nominasi yang akan didukung.
  3. Kemudian klik tombol Like dan tuliskan komentar dukungan di kolom comment
  4. Bagikan (share) sebanyak-banyaknya agar semakin banyak orang yang melihat dan ikut mendukung.
  5. Dukungan pilihan (suara) yang masuk dihitung berdasarkan jumlah like+comment.

Feed promosi nominasi di akun Instagram @ayojalanjalanindonesia.

  1. Kunjungi dan follow akun @ayojalanjalanindonesia di Instagram.com.
  2. Pilih feed atau gambar nominasi yang akan didukung kemudian klik ikon Like dan tuliskan komentar dukungan di kolom comment.
  3. Bagikan (share) sebanyak-banyaknya agar semakin banyak orang yang melihat dan ikut mendukung.
  4. Dukungan pilihan (suara) yang masuk dihitung berdasarkan jumlah total dari like+comment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *