Tuna Kaleng dan Bumbu Masak Produk UKM RI Diekspor Perdana ke Saudi

oleh
Pelepasan ekspor perdana produk UKM RI berupa tuna kaleng dan bumbu masak ke Saudi Arabia, Senin (17/4/2023)/Ist.

JAKARTA – KADIN Indonesia bersama Kementerian Perdagangan RI (Kemendag), Kementerian Agama RI (Kemenag), serta Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berhasil merealisasikan komitmen yang dicantumkan dalam nota kesepahaman tentang optimalisasi peran usaha kecil dan menengah dalam memenuhi jamaah haji dan umrah, dengan melakukan pelepasan ekspor perdana produk usaha kecil dan menengah (UKM) yang berupa ikan tuna kaleng dan bumbu masak ke Saudi Arabia.

Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional, Bernardino Vega mengatakan, “Memasuki pasar global bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan semangat pantang menyerah, kerja keras, dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan pengusaha, kita berhasil melakukannya. Dan hari ini, kita bersama-sama merayakan keberhasilan kita,” ujarnya, Senin (17/4/2023).

Adanya ekspor perdana ini, menurut Dino merupakan bukti bahwa UKM Indonesia berkualitas tinggi yang dapat bersaing di pasar global.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengusaha UKM yang telah bekerja keras dalam menciptakan produk-produk berkualitas tinggi ini, sehingga kita dapat mengekspor dan mampu memenuhi kebutuhan para jamaah haji di Saudi Arabia,” ujar Dino.

Produk UKM yang diekspor ini telah dikoordinasikan dengan aggregator bidang konsumsi, yaitu PT Sarana Portal Indonesia.

“Tak lupa, saya juga berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas semua dukungannya, termasuk tim Gugus Tugas Haji Kadin Indonesia, perusahaan aggregator, dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung UKM kita dalam meraih keberhasilan ini,” ucap Dino.

Dibentuknya Tim Gugus Tugas Haji merupakan bentuk keseriusan Kadin Indonesia dalam mengawal pangsa pasar haji. Kadin Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung UKM Indonesia dan bersinergi dengan kementerian dan instansi terkait dalam ruang lingkup pemenuhan kebutuhan haji.

“Tim Gugus Tugas Haji bertugas untuk memberikan coaching dan counseling terkait ekspor, serta melakukan kurasi terhadap aggregator dari anggota Kadin Indonesia,” ucap Hendra Hartono, Wakil ketua Task Force Haji.

“Secara khusus, kerjasama Kadin Indonesia dengan Kementerian Agama juga meliputi disediakannya area booth UKM di embarkasi Haji,” ucap Hendra.

Pelepasan ekspor perdana produk UKM disaksikan oleh Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi dan Staf Khusus Kementerian Perdagangan RI Hilal Hamdi.

“Semoga keberhasilan ini akan menjadi awal dari banyak kesuksesan yang akan datang, dan semoga produk-produk kita dapat terus dikenal di seluruh dunia,” tutup Dino.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *