Perkuat Ekosistem Investasi, Indonesia Investment Authoriy Gandeng KADIN

oleh
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. ANTARA/HO-Kadin Indonesia.

JAKARTA – Dalam upaya untuk semakin menguatkan lanskap investasi di Indonesia, Indonesia Investment Authority (INA) menjalin kolaborasi strategis dengan KADIN Indonesia melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Kemitraan sinergis ini bertujuan untuk memperkuat peran masing-masing pihak dalam ekosistem investasi Indonesia, sekaligus menjajaki berbagai peluang investasi potensial untuk mendorong pengembangan berbagai proyek di seluruh nusantara.

Didirikan pada tahun 1968, KADIN Indonesia telah menjadi mitra strategis Pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi bangsa, terutama dalam perdagangan dan investasi.

Sebagai suara dari seluruh pelaku usaha Indonesia, termasuk BUMN, swasta, dan koperasi, KADIN Indonesia memainkan peran penting dalam membentuk lanskap ekosistem bisnis.

Sementara itu, INA, sebagai sovereign wealth fund, memiliki mandat untuk membangun kesejahteraan bagi generasi mendatang dan berkontribusi pada
pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

Dipersatukan oleh visi yang sama untuk memajukan perekonomian Indonesia, kolaborasi antara INA dan Kadin Indonesia menguatkan komitmen keduanya untuk mendorong ekosistem investasi yang kuat dan terhubung dengan baik.

Sebagaimana tertuang dalam MoU, INA dan Kadin Indonesia akan memulai kolaborasi dalam berbagai aspek, meliputi pertukaran informasi dan pemetaan potensi investasi, termasuk mengidentifikasi area atau transaksi potensial untuk kolaborasi.

Kemitraan ini juga akan memfasilitasi pengenalan kepada mitra investor potensial, untuk membuka sinergi baru dan mendorong investasi yang berdampak.

Ridha Wirakusumah, CEO INA mengatakan, “Kolaborasi dengan KADIN Indonesia menandai langkah penting dalam upaya berkesinambungan kami untuk memperkuat ekosistem investasi di Indonesia. Melalui kemitraan yang sinergis ini, kami bertujuan untuk membuka berbagai peluang dan mendorong kolaborasi yang dinamis, yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan daya saing ekonomi Indonesia.”

Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia menyatakan bahwa, “Sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha baik di bidang usaha negara, koperasi maupun swasta di Indonesia, Kadin Indonesia berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia. Dengan ekonomi Indonesia yang tumbuh sebesar 5,31 persen pada tahun 2022, dan lebih dari USD45 miliar Penanaman Modal Asing pada tahun 2022, Indonesia merupakan lokasi yang tepat untuk berinvestasi,” ujarnya melalui keterangan resminya, Senin (17/4/2023).

“Kemitraan kami dengan INA akan memperkuat peran kami dalam ekosistem investasi di Indonesia dengan mempromosikan peluang investasi, memanfaatkan jaringan kontak bisnis kami yang luas, dan keahlian industri untuk mengidentifikasi dan menampilkan peluang investasi kepada INA dan investor asing lainnya. Kolaborasi strategis ini merupakan langkah penting dalam mempromosikan lanskap investasi yang terhubung dengan baik dan handal di Indonesia,” imbuh Arsjad.

Kemitraan antara INA dan KADIN Indonesia menggunakan pendekatan forward-thinking untuk mengembangkan ekosistem investasi yang lebih terhubung dan tangguh di Indonesia.

Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang saling melengkapi dari keduanya, kedua organisasi bertujuan untuk secara efektif menavigasi lanskap investasi yang terus berkembang, yang pada akhirnya mendukung upaya bangsa ini untuk mencapai masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *