Respons DPMPTSP Kendari Tanggapi Munculnya Rencana Penambahan Gerai Ritel Modern

oleh
Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari/Ist.

KENDARI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari merespons informasi mengenai adanya rencana penambahan dan pemberian izin gerai ritel modern baru di Kota Kendari.

Dilansir dari laman kendarikota.go.id, DPMPTSP Kendari menyebut pihaknua hingga kini belum mengeluarkan izin penambahan gerai bagi Indomaret ataupun pemberian izin baru untuk Alfamidi maupun Alfamart.

Kepala DPMPTSP Kendari, Maman Firmansyah menjelaskan Pemkot Kendari memberikan berbagai kemudahan pada para investor untuk investasi di Kendari, terutama bagi Usaha Mikro dan Kecil (UKM).

“Perizinannya sangat dimudahkan yang pertama terkait pendaftarannya juga tidak ada apa persyaratan-persyaratan lain cukup dengan modal NIK, kemudian email sama WA, sama data usahanya itu sudah bisa didaftarkan dan itu bisa cuman sekitar 15 menit sudah selesai jadi informasi terkait dengan mempersulit UMK oleh Pak Pj Wali Kota Kendari itu sangat tidak benar,” ungkapnya, Kamis (16/3/2023).

Untuk memudahkan pelayanan, pihaknya memberikan pelayanan hingga ke kelurahan khusus pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sehingga masyarakat akan semakin mudah mengembangkan usahanya karena telah memiliki legalitas.

Berdasarkan data OSS, hingga tahun 2022, sekira 79 izin minimarket ataupun supermarket lokal Kendari kategori UMK yang mendapat izin berusaha.

“Kalau dibilang kami atau pemerintah kota tidak mendukung usaha lokal sebenarnya sangat tidak mendasar itu karena kita justru memberi ruang yang seluas-luasnya dan ini terbukti di lapangan bahwa usaha-usaha itu tumbuh di mana-mana tinggal sekarang kami jujur menghimbau kepada masyarakat agar melegalkan usahanya,” jelasnya.

Dia mencontohkan, saat memberikan pelayanan di Kelurahan Gunung Jati dan Jati Mekar sekira 30 masyarakat mengurus NIB usahanya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Serikat Pedagang Pasar Kota Kendari, Hendrawan Sumus Gia memberi respons keras terkait adanya rencana penambahan gerai baru Indomaret di Kota Kendari.

Hal itu disampaikan Hendrawan saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Rabu (15/3/2023) malam.

Hendrawan menjelaskan sebelumnya, dirinya telah mendapatkan informasi mengenai rencana penambahan enam gerai baru Indomaret, bahkan permohonan pengajuan tersebut disebut telah disetujui Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *