Akselerasi Kualitas Investasi, DPMPTSP Gelar Sultra UMKM Expo 2023

oleh
Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi saat menyampiakan sambutan dalam pembukaan Sultra UMKM Expo 2023 di pelataran Ex MTQ Kendari, Rabu (8/3/2023)/Ist.

KENDARI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Sultra UMKM Expo 2023 di pelataran Ex MTQ Kendari.

Gelaran expo yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut mengangkat tema pentingnya inovasi dan kualitas investasi, kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi, Rabu (8/3/2023).

“Kegiatan Sultra UMKM Expo 2023 bekerja sama dengan seluruh UMKM yang ada di Sultra, tentu juga tidak terlepas dari dukungan teman-teman DPRD Sultra terutaman Komisi IV yang membidangi tentang UMKM dan investasi,” ujar Parinringi usai membuka kegiatam.

Dia menekankan expo tersebut digelar untuk menarik minat investor dengan melihat potensi UMKM yang ada di Bumi Anoa.

“Setiap tahun kita akan melihat perkembangan seberapa besar dan UMKM mana saja yang melakukan inovasi yang betul-betul berdampak terhadap perekonomian. Apalagi Sulawesi Tenggara 4-5 tahun terakhir bukan lagi menjadi daerah persinggahan tetap menjadi tujuan investasi yang cukup besar utamanya di bidang pertambangan, industri, perikanan, perkebunan, dan pertanian,” imbuh Pj Bupati Kolut ini.

Lanjut Parinringi, Sultra saat ini telah masuk dalam daftar 20 besar angka investasi secara nasional.

“Bahkan kita upayakan masuk 10 besar, dan sudah ada beberapa kabupaten seperti di Konawe sudah masuk 10 besar untuk investasi itu di Morosi, total investasi kemarin berkisar Rp20 triliun lebih,” urainya.

Dengan banyaknya investasi yang masuk diharapkan para investor besar untuk menggandeng UMKM untuk naik kelas, utamanya usai terdampak pandemi COVID-19.

Parinringi juga menekankan pentingnya membangun ekosistem dan pembinaan yang baik agar UMKM dapat tergerak melakukan inovasi untuk mengembangkan usahanya.

“Pasca pandemi, kita melihat perkembangan dan bangkitnya UMKM di Sultra, sehingga inilah yang kita jemput, pemerintah harus hadir seperti adanya expo ini, juga ada beberapa pelatihan dan pendampingan yang dilakukan OPD-OPD lain yang terkait,” tuntasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini selain menghadirkan produk UMKM lokal, DPMPTSP Sultra juga menghadirkan layanan perizinan dan non perizinan, konsultasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, serta panduan pengisian LKPM bagi pelaku usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *