Trans Lulo Bakal Kembali Beroperasi, 10 Halte Disiapkan

oleh
Bus Trans Lulo/Ist.

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal kembali mengefektifkan operasional Bus Trans Lulo sebagai angkutan massal bagi masyarakat Kota Kendari.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Kendari, La Ode Manas Salihin, mengatakan 10 halte disiapkan untuk mengefektifkan penggunaan Bus Trans Lulo tersebut.

Adapun jumlah Bus Trans Lulo hingga saat ini sebanyak lima unit yang dilengkapi dengan AC dan Wi-Fi.

“SK-nya sudah berjalan, sekarang sudah ditahap koordinasi. Dijadwalkan akan diaktifkan pada akhir tahun 2022,” kata Abdul Manas, Senin (21/11/2022).

Akan tetapi, untuk saat ini pihaknya tengah mempersiapkan 5 koridor khusus Bus Trans Lulo. Namun, untuk penggunaannya baru difokuskan menggunakan satu koridor.

Dimana, koridor yang akan digunakan titik nolnya berada di Terminal Kota Lama yang berada di Puuwatu dan berakhir di terminal Baruga.

“Karena inikan angkutan massal, sehingga kita masih terus mempersiapkan sarana dan prasarananya. Tidak memberhentikan penumpang disembarang tempat. Ada tempatnya khusus seperti halte. Kalau kita belum ada halte, kemungkinan kita pasangkan rambu dan Bus Trans Lulo, itu jalurnya khusus,” terangnya.

Terkait halte yang akan digunakan, kata dia, ada beberapa yang sama dengan halte yang telah dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sultra sebelumnya.

Sementara di beberapa titik lainnya yang belum memiliki bangunan halte, pihaknya masih menggunakan marka atau rambu halte yang untuk sementara.

“Nanti tahun depan lagi baru kita anggarkan masalah haltenya. Kita berharap nantinya Bus Trans Lulo bisa kembali beroperasi sebagaimana mestinya dan masyarakat juga diharapkan lebih memilih untuk menggunakan bus tersebut,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *