Semarak Kemerdekaan Koperasi dan UMKM Tahun 2022, Kolaborasi Pemkab Buteng-Kadin Sultra

oleh

BUTENG – Semarak Kemerdekaan Koperasi dan UMKM Buton Tengah (Buteng) tahun 2022 resmi dibuka di Pantai Mutiara, Mawasangka pada Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemkab Buteng kolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Gubernur Sultra, Pj Sekda Provinsi, serta sejumlah pejabat Forkopimda lingkup provinsi dan Kabupaten Buteng.

Kegiatan yang berlangsung dari 9 hingga 11 September 2022 ini, memiliki sejumlah agenda pokok diantaranya Jamuan Kande Kandae, Dialog bersama Menteri Koperasi dan UMKM RI, Peresmian UMKM dan Kuliner Expo, serta kunjungan ke lokasi pelaku UMKM dan Pengelolaan Pariwisata.

Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup menjelaskan kehadiran Menteri Koperasi dan UMKM guna memberikan dukungan bagi para pelaku usaha koperasi dan UMKM.

“Memperkuat model pemberdayaan koperasi UMKM yang selama ini telah dijalankan dan juga sebagai wujud apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Buton Tengah terutama di era pemulihan ekonomi nasional,” jelas Yusup.

Lanjut Pj Bupati, Buteng memiliki komoditi unggulan yang melimpah baik dari sektor perikanan, perkebunan, hingga sektor pariwisata.

“Pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini sedang dikembangkan di Buteng, karena itu pola-pola kolaboratif perlu dimunculkan dalam rangka pengembangan bisnis yang memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat melalui pembentukan koperasi dan pengelolaan destinasi wisata,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Sultra, Sukarni Ali Madya menjelaskan khusus kegiatan UMKM dan Kuliner Expo melibatkan mitra seperti, pelaku UMKM, pemerintah, Swasta, Komunitas bisnis, dan media.

“Model aksi kemitraan ini merupakan upaya kolaboratif untuk bersama bersinergi dalam memunculkan model baru dalam pemberdayaan UMKM dan koperasi yang mana era distrupsi telah mengubah setidaknya tiga hal, pasar, peluang dan model bisnis,” ujar Sukarni.

Selain itu, kata dia, hal ini merupakan berkomitmen Kadin Sultra dalam mendukung pengembangan sektor pangan dan pariwisata di wilayah Buteng dengan pengelolaan berbasis koperasi.

UMKM di Industri pangan dan pariwisata tidak lagi berjalan sendiri-sendiri namun tergabung dalam satu wadah yaitu koperasi agar mendapatkan keuntungan bersama. Koperasi mempunyai peluang besar di Industri pangan dan pariwisata dan dapat memberikan manfaat bagi UMKM.

“Sasaran dari kegiatan semarak Kemerdekaan Koperasi dan UMKM Buton Tengah Tahun 2022 adalah para pelaku UMKM di Kabupaten Buteng dan anggota koperasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, pihak Kadin Sultra menyiapkan sebanyak 25 tenant untuk para kelompok UMKM dalam mempromosikan produk unggulannya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *