Festival UMKM untuk Berdayakan Pelaku Usaha Lokal Sultra

oleh
Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi. (dok. Istimewa)

KENDARI, BisnisSultra.com – Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dihelat oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi jalan untuk memberdayakan pelaku usaha lokal.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra, Parinringi mengatakan pemberdayaan pelaku UMKM sendiri sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo melalui Surat Edaran Menteri Investasi.

“Festival UMKM ini, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam rangka percepatan pemberdayaan UMKM untuk bisa bekerja sama dengan pengusaha besar yang ada di daerah,” ujarnya, Senin (4/4/2022).

Untuk itu, kata dia, pada bulan Ramadan 2022 ini, pihaknya kemudian berinisiatif memberdayakan kembali para UMKM melalui event tersebut.

Sehingga, dalam festival tersebut diharapkan para pelaku besar dan perbankan bisa melihat sektor pelaku usaha yang aktif melaksanakan kegiatan peningkatan sektor ekonomi.

“Untuk itu, hari ini pemerintah hadir di dalam rangkaian dengan menyediakan tempat untuk pelaku UMKM bisa berkolaborasi dengan sektor usaha besar,” jelas Parinringi.

Parinringi menambahkan dalam festival tersebut ada sebanyak 54 UMKM di Sultra yang ikut berkontribusi.

Sedangkan, DPM PTSP Sultra hadir untuk memfasilitasi para pelaku usaha menengah bisa berkolaborasi dengan sektor perusahaan besar dan perbankan terutama dalam hal investasi.

“Nanti kalau kegiatan pemberdayaan UMKM, kan ada dari dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM,” ujarnya.

Baca juga: DPM PTSP Sultra Gelar Festival UMKM Ramadhan 2022, Berbagai Kuliner hingga Souvenir Dipamerkan

Kepala DPM PTSP Sultra ini menyampaikan, dengan event tersebut maka, sektor perbankan akan memberikan bantuan melalui dana CSR untuk membardayakan UMKM yang aktif di berbagai event.

“Sehingga, UMKM yang memiliki kegiatan berkesinambungan seperti ini, maka kita akan memintakan CSR kepada investor di Sultra untuk peningkatan ekonomi kecil dan menengah,” tutur Parinringi. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *