DPMPTSP-Kemenkumham Sultra Gagas MoU Pelayanan Hukum dan HAM

oleh
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sultra, Maktub (kanan foto) dan Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi (kiri foto) dalam pertemuan membahas MoU Pelayanan Hukum dan HAM, Kamis (2/6/2022)

KENDARI, BisnisSultra.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra menggagas Memorandum of Undurstanding (MoU) pelayanan Hukum dan HAM.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sultra, Maktub mengatakan, inisiasi ini mengingat DPMPTSP Sultra juga sebagai leading sektor pemberian pelayanan perizinan.

“Kami juga di kanwil punya fungsi pelayanan penyiapan pendaftaran perseroan perorangan, pendaftaran hak cipta, pendaftaran merk, dan lainnya. Dan ini sinkron dengan kewenangan DPMPTSP Sultra,” kata Maktub, Jumat (3/6/2022).

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi menyebutkan pihaknya juga saat ini sedang menggenjot investasi dari usaha kategori tersier yakni UMKM melalui promosi dan pelayanan perizinan.

“Kenapa UMKM, karena sampai hari ini UMKM juga menopang perekonomian masyarakat di daerah dan ini sinkron dengan kewenangan pemberian perizinan bagi perseroan perorangan,” kata Parinringi.

Ide ini oleh kedua belah pihak bakal dituangkan kedalam MoU untuk lebih memaksimalkan pelayanan terpadu kepada masyarakat dari dua lembaga ini.

Mengutip informasi di laman kemenkumham.go.id, Perseroan Perorangan (PT Perorangan) merupakan jenis badan hukum baru yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Melalui PT Perorangan ini, maka pelaku usaha UMKM dapat membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup satu orang.

Layanannya pun terkoneksi dengan sistem Online Single Submission (OSS) sehingga para pelaku usaha dapat langsung melanjutkan proses perizinan hingga mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).” sambungnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *