Pastikan Stok dan Harga Bapok, Pemkot Kendari Bersama KPPU Kunjungi Pasar Baruga

oleh
Walikota Kendari H.Sulkrnain Kadir (tengah) bersama Kananwil VI KPPU Makassar Hilman Pujana (kemeja putih) dan Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKN Kendari Alda Kesutan Lapae (kiri). Foto ANTARA/Azis Senong.

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra) bersama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) melakukan pantaun stok dan harga kebutuhan bahan pokok (Bapok) di Pasar Baruga.

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka tugas pemerintah untuk memastikan ketersediaan stok dan harga kebutuhan bahan pokok terjangkau yang ada di pasar tersebut.

“Alhamdulillah dari hasil pengecekan kita hari ini semua relatif stabil. Kunjungan bersama yang dilakukan ini dalam rangka tugas pemerintah untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok terjangkau dan aman,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Kendari, Kamis dikutip dari Antara.

Sulkarnain juga berharap ketersediaan stok dan harga dapat bisa dipertahankan sampai akhir tahun nanti, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kota Kendari.

Selain memantau ketersediaan stok dan harga bahan pokok di Pasar Baruga, Wali kota Kendari juga melakukan pengecekan terhadap perbaikan beberapa lapak, khususnya lapak ikan untuk di benahi.

“Kita harapkan sebelum akhir 2022, lapak-lapak yang sedang dalam perbaikan itu sudah selesai,” ujar Sulkarnain yang akan mengakhiri masa jabatan sebagai walikota pada Oktober 2022.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah VI KPPU Makassar Hilman Pujana juga menyampaikan stok dan harga di Pasar Baruga Kota Kendari relatif stabil.

“Dari hasil pemantauan kami tadi, harga relatif stabil, dari kemarin setelah Idul Adha harga tetap stabil, tadi disampaikan beberapa komoditas berasal dari beberapa daerah penyangga seperti Kabupaten Muna, Konawe Selatan, Konawe, jadi kami mengapresiasi pak Walikota atas koordinasi antar kepala daerah ini perlu sebab kota Kendari hilirnya disini, jadi harus memperbanyak jaringan dari penyangga-penyangga ini untuk memastikan pasokan yang masuk ke kota Kendari ini lancar, kemudian bisa terjaga kontinutasnya,” ujar Hilman Pujana.

Hilman Pujana juga menambahkan sedangkan terkait pasokan kebutuhan dari mana, pihaknya tidak masalah, yang terpenting masyarakat kota Kendari bisa mengakses kebutuhan sembako dengan harga terjangkau.

“Kalau pasokan dari mana kita tidak permasalahkan yang penting masyarakat bisa mengakses kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” tuturnya.

Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Alda Kesutan Lapae, berharap para pedagang di sejumlah pasar agar tetap menjaga ketersediaan stok barang, utamanya sembako dan tetap mempertahankan harga sehingga masyarakat bisa menjangkau kebutuhan akan sembako.

“Kita harap para pedagang tetap menjaga stok barang utamanya sembako,” ujar mantan Camat Kadia dan Kambu Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *