Upaya Tekan Harga Jelang Iduladha, Pemkab Mubar Bakal Gelar Operasi Pasar

oleh
Penjabat Bupati (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri saat meninjau salah satu pasar tradisional jelang Iduladha, Jumat (8/7/2022).

MUBAR – Menghadapi harga kebutuhan bahan pokok di pasar yang mengalami kenaikan jelang hari raya Iduladha 1443 Hijriah/2022 Masehi, Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) mencanangkan akan menggelar operasi pasar.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri usai meninjau sejumlah pasar tradisional di wilayah tersebut, Jumat (8/7/2022).

“Saya akan konsultasikan dengan dinas terkait atas masalah kenaikan harga pokok seperti bawang merah, bawang putih, tomat besok akan dilakukan operasi pasar dengan tujuan menstabilkan harga,” ujar Bahri.
.
Dalam tinjuan ke pasar, Bahri menemukan sejumlah harga bahan pokok merangkak naik. Komoditas seperti bawang dan tomat naik drastis, kenaikan harga sampai Rp30 ribu.

Menurut pedagang, kenaikan harga dipicu kelangkaan stok di tingkat petani yang akibat curah hujan tinggi sehingga berakibat gagal panen.

“Namun saat ini saya menilai secara umum bahwa harga sembako masih terkendali. Dengan adanya masalah  tersebut kita akan konsultasikan dengan dinas terkait yakni Perindag guna mengevaluasi dan mengadakan operasi pasar agar masyarakat bisa membeli  sembako dengan harga yang terjangkau,” katanya.

“Insya Allah besok langsung kita lakukan, operasi pasar agar menjelang hari raya iduladha harga sembako stabil kembali,” tambah Bahri.

Dalam kesempatan itu pula, Bahri mengajak warga untuk menanam sejumlah komoditas pangan yang acap kali langka dan mengalami kenaikan jika menjelang momentum hari besar keagamaan.

“Dengan mengupayakan lahan kita yang luas dan kita kirim masyarakat untuk belajar bagaimana menanam bawang dan tomat sehingga bisa manfaatkan tanaman tersebut untuk kebutuhan kita sendiri dengan ditambah dengan beras kita beli dari kabupaten tetangga kita ada sawah dengan adanya air dan hamparan sawah ini yang kita kembangkan Muna Barat ke depan,” ajaknya.

“Maka dengan kita kembangkan Muna Barat lebih maju ke depanya, kita dahulukan sumber daya manusianya langsung, baru kita kembangkan dan siapakan sumber daya alamnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *