Dorong Peningkatan Literasi Digital di Sultra, XL Axiata Bangun 16 BTS 4G di 107 Kecamatan

oleh
Pembangunan BTS/net

BisnisSultra.com, KENDARI – Untuk mendorong peningkatan literasi digital wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) gencar membangun Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, XL Axiata membangun 16 BTS di 107 kecamatan di Sultra menyusul peningkatan grafik data di Sultra sehingga perlu perluasan jaringan 4G di wilayah tersebut.

“Trafik data di seluruh Sultra meningkat hingga 57 persen dalam satu tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat,” kata Dodik dikutip Rakyat News, Kamis (3/2/2022).

Dodik menambahkan, hal ini merupakan bentuk implementasi atas komitmen XL Axiata dalam mendorong peningkatan literasi digital.

“Keberadaan jaringan 4G di desa/kelurahan di Sultra ini merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital,” tambahnya.

Selain itu, ia menuturkan XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G, baik radio maupun transmisi.

“Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G, baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Hingga saat ini, jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 943 Km dan mencakup sekitar 64 persen BTS. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 295 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya,” tuturnya.

Di seluruh Sultra, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Kendari, yaitu 98 BTS 4G. Kemudian di Konawe ada 40 BTS 4G, dan Muna lebih dari 30 BTS 4G.

Untuk area Kabupaten Konawe Selatan ada 27 BTS 4G, Kabupaten Bombana 23 BTS 4G, dan Kabupaten Kolaka dengan 21 BTS 4G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *