Wakil Bupati Wakatobi: Kehadiran Presiden Beri Dampak Ekonomi

oleh
Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud. (ANTARA/Harianto)

WAKATOBI – Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud mengatakan kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah melakukan kunjungan kerja pada Kamis (9/6) telah memberi dampak positif utamanya pada sektor perekonomian masyarakat.

“Tentunya kehadiran Bapak Presiden di Wakatobi ini ada dampak ekonominya dan sangat besar terhadap masyarakat secara langsung,” kata Ilmiati di Wakatobi Sulawesi Tenggara, Jumat dikutip dari ANTARA.

Menurut Wakil Bupati, kedatangan Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah mendorong peningkatan perputaran uang di daerah itu.

“Mereka datang, berkumpul, tentu selama beberapa hari pasti banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi untuk masing-masing kabupaten atau masing-masing pribadi dan mereka pasti berbelanja di pasar, di toko-toko masyarakat dan itu akan terjadi perputaran ekonomi,” ujar dia.

Dia menyampaikan, kehadiran Presiden dan beberapa menteri yang membawa rombongan dalam agenda kunjungan kerjanya di Wakatobi memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan ke masyarakat.

Menurutnya pula, kedatangan Presiden tentunya dengan melihat potensi Wakatobi yang sudah menjadi 10 top destinasi pariwisata nasional akan menjadi fokus dan lokus baru untuk Kabupaten Wakatobi khususnya masyarakat di daerah itu.

“Dampak besar ini yang sangat kita nantikan selama 18 tahun Wakatobi berdiri, akhirnya Bapak Presiden bisa berkunjung ke Kabupaten Wakatobi melihat masyarakat kabupaten Wakatobi secara langsung khususnya masyarakat bako kami di sini,” katanya.

Selain itu, Wakil Bupati ini berharap kedatangan Presiden Republik Indonesia ke daerahnya bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat Wakatobi khususnya dan Sulawesi Tenggara pada umumnya.

“Kita tahu bahwa ada program nasional Bapak Presiden yaitu pengentasan kemiskinan di 2024 dan itu memang beliau harus melihat dengan kacamata sendiri dengan melihat secara langsung bagaimana roda kehidupan yang ada di sini,” ucap Wakil Bupati.

Hatmawati (55) salah satu warga Kelurahan Pongo, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi mengaku sangat mendambakan kehadiran orang nomor satu di negeri ini. Dirinya dan masyarakat lainnya sangat bangga, senang, bersyukur karena bisa melihat langsung Presiden.

Ia mengaku, dengan hadirnya Presiden dan beberapa menteri lainnya di Wakatobi dapat menguntungkan masyarakat di daerahnya karena para tamu akan membeli produk-produk warga daerah tersebut.

“Sudah lama ini dinanti-nantikan, suatu kebanggaan bagi kami tersendiri karena Bapak Presiden mau datang di tempat kita, kami bangga lah,” katanya yang juga seorang pedagang kopi, teh serta nasi kuning.

Presiden pada Kamis (9/6) meresmikan pembukaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022, selanjutnya menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat.

Agenda berikutnya, Presiden beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Pagi untuk menyerahkan langsung bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Wakatobi, Jokowi bersama Iriana melepaskan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sebelum bertolak ke Konawe Selatan untuk bersiap kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *