Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran, BI Sultra Siapkan Rp2 Triliun

oleh
Plt Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Aryo Wibowo,

KENDARI – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan uang tunai Rp2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Plt Kepala kantor perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo, mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana Rp1,4 triliun, namun dicadangkan sebesar Rp2 Triliun pecahan uang kertas untuk memenuhi kebutuhan penggunaan uang di masyarakat.

Pemenuhan tersebut diproyeksi meningkat dibanding tahun 2021 lalu seiring dibukanya berbagai aktivitas masyarakat termasuk mudik.

“Karena pembatasan mobilitas sudah tidak ada, kita memperkirakan kebutuhan akan naik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Nah, Bank Indonesia mengantisipasi itu dengan menyiapkan dana yang lebih,” kata Aryo, Rabu (20/04/2022).

Aryo juga mengatakan, pendistribusiannya untuk ketersediaan uang kertas saat lebaran juga dilakukan didaerah kabupaten se-Sultra melalui Kas Titipan (kastipan).

“Untuk wilayah kabupaten-kabupaten pendistribusian uang tersebut akan di sediakan melalui kas titipan. Nah, Bau-bau dan Kolaka memenuhi kabupaten lain di samping-sampingnya. Kita selalu mengupayakan pendistribusiannya, sehingga ketika melakukan penarikan uang tetap tersedia,” terangnya.

Adapun titik lokasi penukaran uang, Aryo menyebut tersebar di 96 titik di Sultra yang penukarannya bisa dilakukan diseluruh layanan perbankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *